Teknologi Pendidikan: Gambaran Umum

Teknologi pendidikan adalah bidang studi yang menyelidiki proses menganalisis, merancang, mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi lingkungan pembelajaran dan materi pembelajaran untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran. Penting untuk diingat bahwa tujuan teknologi pendidikan (juga disebut sebagai teknologi pembelajaran) adalah untuk meningkatkan pendidikan. Kita harus menentukan tujuan dan kebutuhan pendidikan terlebih dahulu dan kemudian kita menggunakan semua pengetahuan kita, termasuk teknologi, untuk merancang lingkungan belajar yang paling efektif bagi siswa.

Teknologi instruksional juga dapat dilihat sebagai proses memecahkan masalah dan perhatian pendidikan, yang mungkin termasuk motivasi, disiplin, tingkat putus sekolah, kekerasan di sekolah, keterampilan dasar, berpikir kritis, dan seluruh daftar masalah pendidikan. Pertama, masalah diidentifikasi, analisis faktor masalah dibuat, dan solusi yang mungkin untuk masalah disajikan. Kemudian, populasi siswa dan kurikulum dianalisa. Langkah selanjutnya adalah memilih strategi instruksional yang paling tepat untuk situasi tertentu. Selanjutnya, bahan ajar dan sumber daya dipilih yang sesuai untuk kurikulum dan mode pengajaran yang dipilih. Terakhir, program dilaksanakan, dievaluasi, dan direvisi sesuai kebutuhan untuk memenuhi tujuan perbaikan sekolah yang telah ditetapkan.

Materi pembelajaran saat ini sudah sangat berkembang karena berbagai kemajuan teknologi. Materi pembelajaran mencakup materi yang lebih konvensional, seperti papan tulis, proyektor overhead, televisi, VCR, proyektor overhead, proyektor slide, dan proyektor buram, serta materi yang lebih baru, seperti komputer, berbagai aplikasi perangkat lunak, proyektor LCD, camcorder, digital kamera, pemindai, Internet, satelit, TV interaktif, konferensi audio dan video, kecerdasan buatan, dan sebagainya.

Guru di sekolah umum dan fakultas di universitas perlu memahami jenis materi apa yang tersedia, bagaimana menggunakannya, mengapa harus digunakan, kapan harus digunakan, dan bagaimana mengintegrasikannya ke dalam lingkungan belajar / mengajar untuk memenuhi tujuan akhir untuk meningkatkan pendidikan. Guru juga perlu mempertimbangkan dengan serius bagaimana materi yang lebih baru ini dapat memengaruhi apa dan bagaimana kita belajar dan mengajar.

Masalah materi ini dan bagaimana menggunakannya adalah langkah pertama. Tetapi kita harus segera mulai membahas bagaimana bahan-bahan ini harus digunakan dan bagaimana pengaruhnya terhadap kurikulum dan pengajaran di sekolah kita. Teknologi dapat digunakan untuk mengabadikan pendekatan pembelajaran berbasis pengetahuan yang dipimpin guru atau dapat digunakan untuk membantu kami menerapkan pendekatan yang berpusat pada siswa, konstruktivis, dan progresif. Kita perlu membantu guru untuk memahami gambaran yang lebih besar tentang bagaimana teknologi dapat merevolusi pendidikan. Mengajar guru bagaimana menggunakan teknologi akan mengarah pada peningkatan sistem pendidikan tingkat pengetahuan. Mengajari mereka potensi nyata dari teknologi akan mengarah pada peningkatan pemikiran tingkat tinggi, pembelajaran mandiri, dan pembelajaran seumur hidup.

Ini adalah hal-hal yang perlu dipahami oleh fakultas di universitas sehingga mereka dapat memasukkannya ke dalam pengajaran mereka sendiri dan dengan demikian membantu para calon guru memahaminya sehingga mereka juga dapat menggunakan teknologi secara lebih efektif dalam pengajaran mereka sendiri.