SSD vs. HDD: Apa Bedanya?

Jika Anda membeli laptop ultraportable kapan saja dalam beberapa tahun terakhir, kemungkinan besar Anda mendapatkan solid-state drive (SSD) sebagai drive boot utama perbedaan ssd dan hdd. Laptop gaming yang lebih besar juga telah dipindahkan ke drive boot SSD, sementara hanya sebagian dari mesin anggaran yang masih menyukai hard disk drive (HDD). Drive boot di PC desktop prebuilt, sementara itu, sebagian besar adalah SSD sekarang juga, kecuali pada model termurah. Dalam beberapa kasus, desktop hadir dengan keduanya, dengan SSD sebagai drive boot dan HDD sebagai suplemen penyimpanan berkapasitas lebih besar.

Namun, jika Anda harus memilih satu, bagaimana Anda memilihnya? Mari kita bahas perbedaan antara SSD dan HDD, dan memandu Anda melalui kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk membantu Anda memutuskan.

HDD dan SSD Dijelaskan

Hard drive pemintalan tradisional adalah penyimpanan non-volatile dasar di komputer. Artinya, informasi di dalamnya tidak “hilang” saat Anda mematikan sistem, tidak seperti data yang disimpan dalam RAM. Hard drive pada dasarnya adalah pelat logam dengan lapisan magnet yang menyimpan data Anda, perbedaan ssd dan hdd baik laporan cuaca dari abad terakhir, salinan definisi tinggi dari trilogi Star Wars asli, atau koleksi musik digital Anda. Kepala baca / tulis di lengan mengakses data saat piringan berputar.

Sebuah SSD menjalankan fungsi dasar yang sama dengan hard drive, tetapi data malah disimpan pada chip memori flash yang saling berhubungan yang menyimpan data bahkan ketika tidak ada daya yang mengalir melaluinya. Chip flash ini (sering disebut “NAND”) memiliki jenis yang berbeda dari jenis yang digunakan pada thumb drive USB, dan biasanya lebih cepat dan lebih dapat diandalkan. Akibatnya, SSD lebih mahal daripada thumb drive USB dengan kapasitas yang sama. (Lihat panduan mendalam kami tentang jargon SSD.)

Namun, seperti thumb drive, SSD seringkali jauh lebih kecil daripada HDD dan oleh karena itu menawarkan fleksibilitas yang lebih besar kepada produsen dalam mendesain PC. Meskipun dapat menggantikan tempat hard drive tradisional 2,5 inci atau 3,5 inci, mereka juga dapat dipasang di slot ekspansi PCI Express atau bahkan dipasang langsung pada motherboard perbedaan ssd dan hdd, konfigurasi yang sekarang umum di laptop kelas atas dan all-in-one. (SSD yang dipasang di papan ini menggunakan faktor bentuk yang dikenal sebagai M.2. Lihat pilihan kami untuk SSD M.2 terbaik dan dapatkan lebih banyak info tentang jenis SSD multifaset ini.)

Sejarah HDD dan SSD

Teknologi hard drive relatif kuno (dalam hal sejarah komputer). Ada foto-foto terkenal dari hard drive IBM 650 RAMAC dari tahun 1956 yang menggunakan 50 piringan selebar 24 inci untuk menampung ruang penyimpanan 3,75MB. Ini, perbedaan ssd dan hdd tentu saja, adalah ukuran file MP3 128Kbps rata-rata saat ini, disimpan di ruang fisik yang dapat menampung dua lemari es komersial. RAMAC 350 terbatas untuk keperluan pemerintah dan industri, dan sudah usang pada tahun 1969. Seberapa jauh kemajuan kita!

Faktor bentuk hard drive PC distandarisasi pada 5,25 inci pada awal 1980-an, dengan drive kelas desktop 3,5 inci yang sekarang sudah dikenal dan drive kelas notebook 2,5 inci segera hadir setelahnya. perbedaan ssd dan hdd Antarmuka kabel internal telah berubah selama bertahun-tahun dari serial ke IDE (sekarang sering disebut Parallel ATA, atau PATA) ke SCSI ke Serial ATA (SATA). Tetapi masing-masing pada dasarnya melakukan hal yang sama: hubungkan hard drive ke motherboard PC sehingga data Anda dapat dibawa ke sana kemari.