TECHNOLOGY

Perbandingan Perangkat Lunak Pengeditan Video

Ketika saya mulai mengedit video, tidak ada yang memberi saya perbandingan yang tepat untuk program perangkat lunak video editing. Jadi saya bereksperimen sendiri.

Saya mencoba menggunakan Microsoft Movie Maker dan perangkat lunak gratis lainnya. Seiring waktu, setelah saya mendapatkan kepercayaan dalam proses pengeditan, saya beralih ke perangkat lunak komersial seperti Adobe Premiere dan Corel VideoStudio.

Pada artikel ini, saya ingin memberi Anda perbandingan program perangkat lunak pengeditan video yang lebih baik di luar sana sehingga Anda bisa lebih kreatif dengan produksi Anda.

  1. Tingkat Pemula

Mari kita mulai dari dasar. Jika Anda seorang pemula dan belum melakukan banyak pengeditan video, saya sarankan Anda memulai dengan paket pengeditan video gratis seperti Microsoft Movie Maker. Ini memungkinkan Anda untuk memahami garis waktu video, memisahkan, memotong, dan cara menambahkan efek dasar ke dalam produksi Anda.

Setelah Anda memiliki pengetahuan dasar, dapatkan editor video pemula yang bagus seperti MovAVI. Saya sering menggunakan MovAVI akhir-akhir ini untuk mengedit dan membakar / mengunggah video saya ke YouTube dengan cepat.

MovAVI mengotomatiskan sebagian besar proses pasca produksi untuk saya. Saya cukup mengimpor video saya, memilih tema default dan perangkat lunak akan melakukan sisanya. Ini menghemat banyak waktu saya, terutama jika saya memiliki banyak pendapat, video liburan di mana saya terlalu malas untuk melakukan pengeditan mendalam.

  1. Tingkat Menengah

Oke, beralih ke perangkat lunak tingkat menengah. Program-program ini memiliki fitur pengeditan video dasar untuk pemula tetapi juga berisi fungsi lanjutan bagi mereka yang ingin lebih kreatif.

Dalam kategori ini, preferensi pribadi saya adalah Corel VideoStudio. Saya telah menggunakan produk pesaingnya seperti Adobe Premiere Elements dan Pinnacle Studio sebelumnya, tetapi saya masih kembali ke VideoStudio karena kumpulan templatnya yang kaya dan antarmuka aplikasi yang intuitif.

Corel VideoStudio memungkinkan saya melakukan hal-hal seperti kunci chroma (menghapus layar hijau dari video sehingga saya dapat melapisi latar belakang lain), menambahkan judul, transaksi, dan memanipulasi audio. Saya juga suka bahwa saya dapat mengekspor video saya dalam berbagai macam format, termasuk menguploadnya secara online ke YouTube dengan mulus. Ini adalah perangkat lunak yang paling sering saya gunakan untuk mengedit proyek video tertentu di mana saya memerlukan alur kerja dasar yang cepat tetapi memiliki ruang untuk pekerjaan kreatif.

Tingkat Lanjut

Ada paket perangkat lunak pengeditan video tingkat lanjut seperti Adobe Premiere, Sony Vegas dan Final Cut Pro. Meskipun saya menyukai fitur-fiturnya (dan ini adalah fitur kelas industri yang digunakan oleh pembuat film) – menurut saya terlalu mahal. Sesuatu seperti paket Adobe Premiere lengkap akan dengan mudah membuat Anda kembali hampir $ 1000. Saya tidak membayar uang sebanyak itu untuk aplikasi video kecuali saya melakukan ini penuh waktu.

Untuk penghobi, saya sangat menyarankan untuk menggunakan perangkat lunak tingkat menengah. Fitur-fitur canggih dalam paket level pro seperti Adobe Premiere cenderung jarang digunakan. Setelah Anda menyelesaikan banyak proyek video dan ingin menjadi pro, maka paket ini masuk akal.

  1. Aplikasi Online

Oke, sejauh ini kita sudah melakukan perbandingan software editing video desktop. Tetapi Anda harus tahu bahwa ada juga aplikasi pengeditan video online lainnya yang bermunculan di seluruh toko.

Salah satu yang paling menarik perhatian saya adalah Animoto, yang merupakan aplikasi online yang bagus.

Ini adalah editor video online yang solid dan intuitif yang memungkinkan Anda untuk mengunggah pekerjaan Anda dan menerapkan serangkaian pengeditan dan efek otomatis. Sekali lagi, hal-hal yang sangat berguna bagi mereka yang membutuhkan alur kerja cepat tanpa banyak keributan.

  1. Aplikasi Seluler

Terakhir, jika Anda menggunakan perangkat seluler seperti iPhone atau memiliki perangkat Android, Anda akan mengetahui banyak aplikasi pengeditan video yang muncul di toko aplikasi Anda.

Saya khususnya menyukai Game Your Video untuk iOS. Aplikasi kecil ini memungkinkan Anda untuk mengimpor video dari perpustakaan ponsel Anda, kemudian membumbuinya dengan efek seperti gerakan lambat, efek komik Charlie Chaplin, serta berbagai hal keren lainnya. Cobalah.

Jika Anda membandingkan perangkat lunak pengeditan video seluler dengan pesaing desktop mereka, Anda akan menemukan mereka kekurangan fitur. Tapi mereka menebusnya dalam hal portabilitas. Cukup keluarkan ponsel Anda, rekam video dan edit. Ini sangat cepat dan sederhana dibandingkan dengan pendekatan desktop.

Juga, tentu saja, ada aplikasi pengeditan video lain di luar sana. Anda dapat mencoba menjelajah di bawah kategori “Unggulan” atau “Paling Populer” di iPhone atau iPad Anda untuk melihat aplikasi mana yang terbaik saat ini.